AKU: KAMU YANG TERLAHIR HANYA DARI KETURUNAN

Aku adalah manusia Jawa- Indonesia
Namaku Raden...
Aku adalah manusia pilihan yang terlahir dari keturunan dewa
Para kawula dan rakyat jelata harus bicara kromo padaku
Sejak berabad yang silam, raja-raja memang tak bisa sederajat dengan budak
Sebab budak akan dipaksa jadi pipih di atas tanah bila tidak memipihkan diri

Aku adalah manusia keturunan
Tak penting mukaku menyebalkan atau menyeramkan
Tak penting tingkahku menyengsarakan atau meneror kemanusiaan
Tuhan selalu berpihak pada yang menang
Dan aku tak bisa digugat rasa ketidakadilan

Aku adalah manusia Jawa
Orang-orang Eropa belajar dari keturunanku
Kapitalisme adalah ponakanku
Aku bertempat tinggal di atas tanah kehormatan yang ketinggiannya memiliki pusaran kekuasaan
Aku memang bangsawan
Ndoro tuan yang harus disembah segenap titah: tak menerima bantahan

Aku adalah Raden..
Tapi aku memiliki banyak nama panggilan: kepala desa, camat, bupati, gubernur, Presiden
Aku adalah orang jawa...
Tapi tempat lahirku di seluruh Indonesia

Aku adalah warisan masa lalu
Aku terpelajar tapi buta peradaban
Aku adalah manusia merdeka yang belum rela pada persamaan dan persaudaraan
Dan kini, aku menipu diri sendiri dengan simbol-simbol persamaan hak dan kebebasan

Tak perlu sungkan..
Manusia tidak ada yang lebih tinggi atau lebih mulia
Tapi budak memang berwatak budak
Dan keadilan tak seharusnya diminta dari penguasa sepertiku
Karena warisan leluhurku terlalu nyaman membelai-belai hasratku


(KLU: JUNI 2013)



Artikel Terkait:

0 Response to "AKU: KAMU YANG TERLAHIR HANYA DARI KETURUNAN"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme